Pertanyaan

Dok saya mau minta solusinya, adik saya umur 18th dia korban tindak asusila. Sekarang selalu membandingkankan dirinya dengan teman2nya dan merasa rendah diri terkadang menyalahkan diri sendiri dan takut akan masa depan yang belum terjadi. Bagaimana cara membangun semangat hidupnya dok? Terimakasih.

Jawaban:

Selamat Sore,

Terima kasih banyak telah mempercayakan permasalahan anda ke Psikologi Online

Karena anda tidak memperkenalkan diri jadi saya akan memanggil anda dengan inisial B saja ya.

Saya sangat mengapresiasi kepedulian B terhadap adiknya, tidak banyak orang yang peduli dengan kondisi saudaranya terutama kondisi kesehatan mental. Perlu B ketahui peristiwa tindak asusila bisa menjadi peristiwa traumatis bagi korban karena peristiwa tersebut bukanlah peristiwa yang diharapkan, terjadi secara tiba-tiba dan mengancam kehidupan seseorang sehingga menimbulkan shock luar biasa bagi yang mengalami. Peristiwa traumatis apalagi tindak asusila dapat menimbulkan berbagai  dampak seperti, merasa ketakutan, panik, sedih, marah, menyalahkan diri sendiri dan bahkan sebagian orang kadang merasa “kotor” . Apa yang saat ini sedang dialami oleh adik B kemungkinan karena dampak tindak asusila yang pernah ia alami. Sebagai orang terdekatnya ada beberapa hal yag mungkin bisa B lakukan untuk memberikan dukungan pada adik, seperti:

  1. Dengarkan

Coba dengarkan keluhan adik tanpa melakukan penilaian. Jika ia cerita silahkan dengarkan tanpa perlu menghakimi atau pun memberikan penilaian. Kadang individu yang mengalami peristiwa traumatis hanya perlu didengarkan dan diterima.

  • Beri dukungan

Selalu beri dukungan dan penguatan positif pada adik, dorong ia untuk melakukan berbagai aktifitas dirumah atau diluar rumah untuk mengalihkan pikiran negatifnya.

  • Lihat

Perhatikan kondisi adik, jika kondisi mental adik menunjukan penurunan seperti lebih sering menangis dari biasanya,  muncul ide untuk bunuh diri atau melukai diri sendiri, sebaiknya segera dibawa ke petugas kesehatan atau psikolog untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

Tindak asusila merupakan peristiwa yang menimbulkan gunjangan hebat bagi korbannya. Jika dibutuhkan ada baiknya jika adik B dibawa menemui tenaga professional untuk penanganan lebih lanjut.

Terima kasih

Salam Hangat,

Psikologi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *