Sulit Mengkontrol Pikiran Negatif

Tanya Jawab

Nama : NM
Usia : 17 tahun

Pertanyaan:

Saya mengalami masalah dalam buang air kecil yang terjadi terus
menerus. Setelah saya cek ke dokter, saya tidak dinyatakan
sakit/infeksi. Lalu dokter bertanya saya ini panikan ya dan saya jawab
ya. Kata dokter kemungkinan ini karena stres. Hal ini terjadi awalnya
karena saya tiba-tiba merasa takut ketika akan sholat, takutnya nanti
saya buang air kecil ketika sholat dan itu terjadi. Jadi ketika sholat
saya selalu merasa buang air kecil terus. Semakin saya memikirkannya
semakin besar kemungkinan itu terjadi. Saya ingin sembuh dan
berpikiran positif tetapi saya masih sulit berpikir positif. Jadi saya
selalu memikirkan nanti pas sholat buang air lagi pasti. Bagaimana ya
cara mengubah pikiran saya agar tidak memikirkannya ketika sholat?

Terima kasih

 

Jawaban:

  1. Selamat Siang Nadya,Terima kasih banyak pada nadya telah mempercayakan permasalahan pada Psikologi Online,Pertama saya turut prihatin dengan kondisi kesehatan Nadya saat ini, saya paham tentu tidak nyaman rasanya bila mengalami masalah buang air kecil apalagi bila hal tersebut sering terjadi ketika akan melaksanakan shalat sehingga membuat Nadya merasa khawatir serta berulang kali melakukan shalat kembali.
    Nadya yang baik, pada dasarnya manusia memiliki Automatic Negative Thoughts (NAT), apa itu NAT?, NAt adalah pikiran-pikiran negatif yang setiap saat dan kapan saja bisa muncul secara spontan. Memang umumnya NAT akan lebih sering muncul ketika kita memiliki memori negatif atau kurang mengenakan terkait peristiwa tertentu. Pada dasarnya pikiran negatif akan memberikan efek negatif pada tubuh, otak akan menafsirkan pikiran negatif dan rasa takut maupun khawatir sebagai bentuk ancaman, sehingga tubuh akan memberikan reaksi tertentu. Dalam kasus Nadya tubuh memberikan reaksi terhadap rasa khawatir dengan kesulitan mengkontrol buang air kecil.

    Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi pikiran negatif tersebut? Cara yang paling memungkinkan adalah membiasakan membantah pikiran negatif tersebut dan menggantinya dengan pikiran positif. Berikut ada beberapa tips lain yang bisa Nadya aplikasikan ketika NAT maupun rasa khawatir tersebut muncul.
    1. Ketika muncul rasa cemas, cobalah untuk bernapas berlahan dan dalam, lakukan selama beberapa            menit dan arahkan fokus anda pada pernapasan
    2. Apabila rasa cemas dan NAT muncul ketika sedang shalat, segeralah Nadya alihkan perhatian ke hal        lain, misalnya fokuskan pikiran NAdya pada ayat-ayat yang dibaca, dan bila perlu Nadya bisa                      menghayati setiap ayat yang dibaca.
    3. Lakukan self talk positif, berikan kata-kata positif pada diri sendiri. MIsalnya “saya mampu                        mengerjakan shalat dengan baik” & “saya individu yang kuat sehingga bisa mengkontrol emosi dan          pikiran”. Self talk ini dapat dilakukan kapan pun
    4. Rutin berolahraga, makan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Jaga keseimbangan tubuh sehingga      tubuh tidak mudah dan pikiran tidak mudah stress.

    Semoga jawaban dari saya bisa membantu dan meringankan masalah yang sedang dialami oleh Nadya ya.

    Salam Hangat,

    Psikologi Online