Merasa Sulit Menemukan Passion

Tanya Jawab

Nama : Tami
Usia : 18

Permasalahan :

Halo bapak/ibu, saya akhir-akhir ini merasa sangat kosong, sebenernya sudah dari dulu sih merasa begini.. namun, akhir-akhir ini kekosongannya melebihi hari-hari biasanya, saya sudah mulai gelisah akan masa depan saya. saat ini saya sedang berkuliah semester 2,sampai detik ini saya belum menemukan passion saya yang sebenarnya, saya tidak memiliki hobi khusus, saya tidak memiliki lagu kesukaan saya, saya tidak memiliki minat saya pada sesuatu. saya ingin mencoba mengeksplor sesuatu tapi tidak tahu harus mulai dari mana, dan terkadang saya teralu ragu dan suka negative thinking terlebih dahulu sebelum mencoba. saya sering mengkonsultasikan diri saya dengan teman-teman saya, tapi teman-teman saya juga bingung untuk menjawabnya karena diri saya sendiri tidak tahu akan jawabannya. manusia kan punya warna dalam hidupnya masing-masing, sedangkan saya, saya tidak  memiliki warna tersebut. dan inginnnn sekali mencarinya, namun saya bingung, saya sepertinya butuh psikolog untuk membimbing saya, mohon bantuannya:( 

 

 

 

 

Jawaban:

Dear tami,

terima kasih sudah menghubungi dan mempercayai Psikologi Online akan masalah kamu

Tami yang berbahagai dimanapun berada, tidak memiliki hobi dan lagu yang khusus bukanlah sebagai penentu kamu bisa menemukan Passion dalam diri kamu. Passion tentu tidak datang dengan sendirinya, Passion akan muncul ketika seseorang merasa nyaman, senang, mampu bekerja dengan baik dan merasa telah mengaktualisasikan dirinya ketika bekerja. Oleh sebab itu langkah awal hal yang cukup penting untuk menemukan passion adalah mengenali diri sendiri. Kenali kepribadianmu serta gali dan temukan bakat yang kamu miliki, Passion akan muncul ketika seseorang melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat serta kemampuanya. Nah, sekarang bagaimana caranya untuk mengenali bakat kita? salah satu caranya adalah perbanyak eksplorasi berbagai kegiatan yang kamu sukai atau yang ingin kamu lakukan serta bersikap spontan dalam melakukan berbagai kegiatan.
Saya cukup paham, mungkin Tami telah mencoba berusaha melakukan berbagai kegiatan, namun terhalang oleh pikiran-pikiran negatif, sehingga yang pertama kali perlu Tami lakukan adalah mengkontrol pikiran negatif tersebut. Apabila pikiran negatif datang, yang perlu Tami lakukan adalah membantah pikiran tersebut dengan pikiran yang positif, ucapkan berulang kali kalimat positif sambil mengatur napas, fokuskan pikiran Tami pada napas dan kalimat positif. Mengkontrol pikiran negatif memang tidaklah mudah, namun dengan keyakinan dan konsisten melakukannya tentu akan memberikan pengaruh.
Apabila Tami masih merasa sulit untuk menemukan Passionya, Tami juga bisa mengikuti Tes Minat Bakat untuk mengenali bakat serta minat yang Tami miliki. Saat ini di beberapa Biro Psikologi sudah memberikan pelayanan tes minat bakat.

Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu Tami dalam menemukan Passion nya ya.

Salam hangat