Dari : I

Pertanyaan:

saya sekarang duduk di bangku kelas 1 SMA yg baru beradaptasi dengan sekolah baru dan jauh dari rumah dan mengharuskan untuk ngekost. Dan jujur saya ga bisa jauh dari orang tua dan rumah jadi berat banget. Apakah itu bisa berpengaruh dengan belajar saya di sekolah dan bagaimana solusinya? Terimakasih sebelumnya🙏🏻

 

Jawaban:

Dear I

Terima kasih sudah menghubungi dan mempercayakan permasalahan icha ke kami.
Saya bisa memahami bagaimana kekhawatiran icha yang tinggal jauh dari keluarga, apalagi ini adalah hal yang baru untuk I. Umumnya seseorang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, mungkin ada kekhawatiran, takut atau sedih karena jauh dari keluarga dan dituntut untuk mandiri, tentu ini adalah hal yang normal sekali. Waktu yang dibutuhkan individu untuk beradaptasi biasanya berlangsung dalam waktu tiga bulan, apabila dalam waktu tiga bulan tersebut dirasa tidak ada perubahan atau malah muncul kekhawatiran yang lebih besar lagi maka sebaiknya icha mendatangi tenaga kesehatan seperti psikolog untuk penanganan lebih lanjut.
I yang baik, mungkin icha belum siap untuk berpisah dengan orang tua, sehingga banyak pikiran negatif yang membayangi I. Namun icha perlu meyakinkan diri bahwa apa yang icha lakukan saat ini adalah untuk masa depan kamu kelak. Untuk mengusir rasa rindu kamu dengan keluarga mu, kamu bisa menggunakan teknologi untuk menghubungi mereka, bukankah sekarang banyak teknologi yang bisa digunakan seperti video call dll. Belajar untuk mengembangkan relasi sosial dan bangun relasi sosial yang luas dengan teman teman agar kamu memiliki banyak teman dan usahakan isi waktu luang dengan melakukan berbagai kegiatan positif, bisa dengan mengikuti ekstrakulikuler atau ikut kursus.
Semoga jawabannya bisa membantu kamu ya.

Salam hangat.

Psikologi online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *