Nama : Hamdhani

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya atas kejadian yang teman saya alami, beliau sedang ada masalah, cukup rumit, saat itu kebetulan ada ibu nya teman saya dan tanpa sengaja ibu nya itu mendengar akan masalah tersebut, tak lama sang ibu pulang ke tempat asalnya, namun setelah pulang ke tempat asalnya sang ibu jadi suka ngelantur, berbicara sendiri, dan parahnya lagi sang ibu tidak mengenal anaknya sendiri (teman saya), lalu bagaimana solusinya dok?

mohon pencerahannya.

Thanks and Regars.
Jawaban:
Dear Hamdhani,
Kami turut prihatin dengan kondisi ibu teman anda, tentu sebagai teman kita pasti menginginkan kehidupan teman kita pun bahagia. Terkait pertanyaan Hamdhani di atas, saya perlu menanyakan, sudahkah dilakukan pemeriksaan kejiwaan ibu teman anda?
Pada dasarnya, mengalami halusinasi, kepercayaan yang menyimpang tentang dirinya,  konteks pembicaraan lompat-lompat dan tidak sesuai, adalah salah satu simptom dari indikasi psikosis. Terjadinya psikosis bisa karena faktor internal dan eksternal, faktor internal berupa genetik atau bawaan dan adanya masalah kerusakan otak. Selanjutnya faktor eksternal diakibatkan adanya  kejadian traumatis yang mengguncang individu, individu yang terlalu lama terpapar dalam kondisi stress maupun kejadian traumatis dalam jangka waktu yang lama maka kemungkinan akan memberikan dampak terhadap kondisi psikologis yang berujung pada depresi, kecemasan, dan psikosis. Psikosis juga rentan dialami oleh individu yang memiliki faktor genetik atau keturunan, karena ketika individu tersebut mengalami permasalahan yang berat dan tidak mampu mengatasi permasalahan maka kecenderung untuk mengalami psikosis cukup besar.
Saran saya silahkan datangi petugas kesehatan seperti psikolog atau psikiatri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Semoga jawabannya membantu
Salam hangat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *