Stress adalah kondisi psikologis yang membuat seseorang merasa tidak nyaman serta memberikan pengaruh menurunnya produktifitas dan merasa tertekan secara psikologis. Kondisi yang menyebabkan stress disebut dengan stressor, Stressor masing-masing individu berbeda satu sama lain, artinya kondisi tertentu belum tentu menjadi penyebab stress bagi individu yang lain, hal ini karena sangat tergantung dengan persepsi dan kemampuan individu dalam menghadai stress. Namun berdasarkan hasil penelitian masyarakat kota rentan mengalami stress dibandingkan masyarakat yang hidup dipedesaan. Ada banyak permasalahan di kota yang membuat masyarakatnya rentan alami stress, kondisi lingkungan kota seperti, kemacetan yang setiap hari terjadi, polusi udara, kebisingan, jam kerja overtime dan tata kota yang kurang nyaman memberikan kontribusi terhadap stress yang dialami individu.

Langkah terbaik untuk mengurangi stress adalah dengan menghadapinya dan meningkatkan kemampuan individu dalam mengatasi stress. Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi stress, sebenarnya banyak hal-hal sederhana yang bisa kita hadapi seperti istirahat  dari rutinitas, tidak ada salahnya anda mengambil cuti beberapa hari untuk rehat sejenak atau pergi berwisata untuk meningkatkan kembai energi anda. Dan yang cukup sederhana dan bisa kapan saja anda lakukan adalah relaksasi.

Relakasi dapat dilakukan melalui fokus terhadap pernapasan dan fokus terhadap peregangan otot. Relaksasi pernapasan menitikberatkan pada aktifitas bernapas yang dalam dan tenang, secara perlahan anda menghirup udara melalui hidung sambil meregangkan diafragma perut sehingga perut tampak membesar, tahan napas beberapa detik lalu berlahan hembuskan napas dari mulut secara berlahan-lahan, ulangi teknik pernapasan ini beberapa kali dalam 10 – 15 menit. Selanjutnya teknik peregangan otot memusatkan pada otot-otot yang tegang dan kaku, anda dapat mengecek otot tubuh yang tegang dan berlahan-lahan melemaskannya, atau anda dapat dengan sengaja menegangkan otot tubuh, seperti menggenggam dengan erat kedua tangan atau membuat kaki kaku, lalu berlahan-lahan lemasan otot-otot tersebut, lakukan hal serupa pada anggota tubuh anda yang lainnya, sampai anda merasa tubuh anda nyaman.

Relaksasi dapat anda lakukan kapan saja dan dimana saja saat ingin tidur ataupun ketika anda sedang istirahat kerja, relaksasi adalah teknik mengatasi stress yang sederhana namun efektif. Ketika relaksasi maka sistem saraf tubuh bekerja sesuai dengan fungsinya, dalam kondisi rileks yang bekerja adalah sistem saraf parasimpatis sehingga mengurangi ketegangan dan kecemasan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *